Search

Ini yang Bikin The Fed tak Risau Kilau Emas Libas Dolar AS

Ini yang Bikin The Fed tak Risau Kilau Emas Libas Dolar AS

Jakarta, CNBC Indonesia-Bagi Amerika Serikat (AS), aksi borong logam mulia yang dilakukan oleh bank sentral dan otoritas ekonomi di berbagai negara, tidak serta-merta mengancam kekuatan dolar AS sebagai mata uang utama dunia.

Upaya 'de-dolarisasi' yang dilancarkan China dan Rusia dengan memborong emas dan menjual obligasi pemerintah AS (US Treasury), serta aksi flight to gold oleh investor dan beberapa bank sentral untuk melindungi aset mereka memang bisa dilihat.

Jika skala aksi buru emas ini berujung pada turunnya permintaan US Treasuries, maka AS bakal sedikit terganggu karena besarnya kebutuhan Negara Adidaya tersebut terhadap emisi obligasi guna menutup defisit anggarannya.

Menurut rilis Kementerian Keuangan AS, nilai outstanding US Treasury sudah menyentuh US$22 triliun (atau 22 kali nilai PDB Indonesia) per Februari lalu. Untuk membiayai kembali (refinancing) utang sebesar itu, mereka harus menerbitkan setidaknya US$ 1 triliun per tahun mulai 2021, sebagaimana diestimasikan oleh Biro Belanja Negara (Congressional Budget Office).

Kini ketika sosok seperti Trump berkuasa, yang mengurangi penerimaan negara dengan obral insentif pajak dan secara bersamaan ingin terlihat populis dengan tak memangkas belanja publik, emisi obligasi menjadi keniscayaan. Nilainya pada 2019 diprediksi tembus US$1,5 triliun.

Sejauh ini memang belum ada tanda bahwa aksi peralihan ke emas ini mengancam penyerapan US Treasuries. Aksi tersebut bakal mulai mengancam AS jika harga emas terus menguat secara signifikan, sementara suku bunga acuan AS kian turun demi menggenjot perekonomian yang secara bersamaan memudarkan kilau dolar AS dan US Treasuries.

Jika ini yang terjadi, maka The Fed harus turun tangan dengan menyerap obligasi AS yang tidak terserap pasar, dalam artian mereka harus mencetak dolar AS lebih banyak. Pada gilirannya, mata uang Negeri Sam ini pun bakal tertekan.

Di situasi ini, polah Trump memperparah keadaan. Genderang perang dagang yang ditabuhnya memicu ketidakpastian dan bahkan mulai berujung pada turunnya aktivitas perdagangan dunia dan perlambatan di beberapa negara.

NEXT

(ags/ags)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini yang Bikin The Fed tak Risau Kilau Emas Libas Dolar AS"

Post a Comment

Powered by Blogger.