Search

Ekonomi Global Sulit, Populasi Orang Kaya Justru Naik 38%

Ekonomi Global Sulit, Populasi Orang Kaya Justru Naik 38%

Jakarta, CNBC Indonesia- Populasi miliarder semakin bertambah menjadi 2.101 orang. Dalam laporan UBS'S 2019 Billonaire Insights menyebutkan miliarder global bertambah 589 orang atau sekitar 38,9% dibandingkan lima tahun lalu.

Dalam waktu lima tahun yang sama, jika pertumbuhan kekayaan mereka digabungkan maka setara sepertiga dari total kekayaan (34,5%) mencapai total US$ 8,5 triliun. Laporan ini mencakup tahun 2013 hingga 2018.

Berdasarkan temuan Bank Swiss seperti dilansir dari CNBC International, total kekayaan miliader jatuh pertama kalinya dalam kurun lima tahun pada 2018, pada masa penguatan dolar Amerika Serikat (AS), perang dagang, dan kekhawatiran pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah, serta volatilitas pasar keuangan.

Miliader AS satu-satunya yang tidak terkena dampak dari pelemahan 2018, bahkan kekayaan mereka naik 0,1%. Hingga akhir tahun, AS menjadi rumah bagi 749 miliarder dengan total kekayaan US$ 3,6 triliun.


Meski AS tidak terkena dampak pelemahan 2018, Asia pasifik tetap menjadi rumah bagi 754 miliader dengan gabungan kekayaan US$ 2,5 triliun, dan setara dengan 36% populasi orang terkaya di dunia.

Penelitian tersebut menyebutkan, China menyumbang 43% dari miliader di kawasan Asia Pasifik, India 14%, Hong Kong 9%, dan Jepang 4%. Sementara di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika populasi orang kaya turun 5% menjadi 598 orang dengan total kekayaan mencapai US$ 2,4 triliun.

Yang tidak kalah penting saat ini ada 233 miliarder perempuan secara global, naik 46% dari 160 yang tercatat pada tahun 2013. Pertumbuhan ini didominasi oleh perempuan di Asia dan pengusaha perempuan.

"Sementara Asia terus dipandang memiliki budaya yang didominasi secara tradisional lebih laki-laki, sungguh menggembirakan melihat bahwa jumlah miliarder perempuan telah tumbuh lebih dari dua kali lipat selama lima tahun terakhir," kata Mitra dan Pemimpin Perbankan Swasta, Julia Leong.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ekonomi Global Sulit, Populasi Orang Kaya Justru Naik 38%"

Post a Comment

Powered by Blogger.