Search

Bukit Soeharto Kalimantan Timur Batal Jadi Ibu Kota Baru RI?

Bukit Soeharto Kalimantan Timur Batal Jadi Ibu Kota Baru RI?

Jakarta, CNBC Indonesia - Teka-teki perihal lokasi pasti ibu kota baru RI belum terjawab. Saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD/DPR RI di ruang rapat paripurna, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2018), Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya menyebut Pulau Kalimantan sebagai lokasi ibu kota pengganti Jakarta.

Sekadar mengingatkan, Jokowi sempat mengunjungi dua kandidat ibu kota baru di Kalimantan beberapa waktu lalu. Kedua lokasi itu adalah Gunung Mas (Kalimantan Tengah) dan Bukit Soeharto (Kalimantan Timur).

"Sudah dicek semua. Risiko paling minimal, termasuk risiko dari kebakaran hutan. Kan jenis tanahnya yang penting itu bukan masalah hutan tapi masalah tanahnya. Kalau tanah gambut itu berisiko. Tanah batu bara berisiko. Kita cari yang lokasinya jauh dari gambut dan batu bara," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Lantas, bagaimana dengan Bukit Soeharto? Kawasan itu sudah ditawarkan secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor kepada pemerintah pusat.

"Itu hutan lindung jadi kita gak boleh sentuh itu sebagai tempat pemukiman gitu. Kan saya bilang Bukit Soeharto hutan lindung dan kita komit untuk gak ganggu lingkungan apalagi hutan lindung," ujar Bambang.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/dob)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bukit Soeharto Kalimantan Timur Batal Jadi Ibu Kota Baru RI?"

Post a Comment

Powered by Blogger.