Search

Jokowi Sebut BRI Satu-Satunya yang Fokus UMKM, Ini Kinerjanya

Jokowi Sebut BRI Satu-Satunya yang Fokus UMKM, Ini Kinerjanya

Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) sebagai bank satu-satunya yang fokus ke sektor UMKM. Hal tersebut, disampaikan oleh Jokowi setelah mengimbau agar bank-bank besar tidak hanya menyalurkan kredit kepada perusahaan besar saja.

"Untuk itu saya mengajak bapak ibu semuanya jangan hanya membiayai yang besar-besar saja. Memang enak membiayai yang besar-besar itu. Saya tahu. Sekali lagi jangan membiayai yang besar-besar saja. Ini kalau tepuk tangan artinya bapak ibu semuanya setuju," kata Jokowi di Hotel Fairmont saat membuka Indonesia Bank Expo 2019, Rabu (6/11/2019).

Bila melihat kinerja BRI selama ini, memang bank terbesar di Indonesia ini, tak terkalahkan dalam penyaluran kredit UMKM. Bila dirinci lagi kredit mikro BRI tembus Rp 301,89 triliun naik 13,23% dibandingkan dengan setahun sebelumnya. Porsinya mencapai sepertiga dari total kredit BRI yang mencapai Rp 903,14 triliun.

Sementara itu, kredit konsumer BRI mencapai Rp 137,29 triliun atau tumbuh 7,85% yoy, dan kredit ritel dan menengah Rp 261,67 triliun atau tumbuh 14,80% yoy. Adapun kredit korporasi hanya Rp 202,30 triliun.

"Jika ditotal, porsi kredit UMKM mencapai 77,60% dari keseluruhan kredit BRI, di mana angka ini berhasil kami tingkatkan secara perlahan dan targetnya proporsi kredit UMKM bisa mencapai 80% di tahun di tahun 2022," ujar Direktur Utama BRI Sunarso belum lama ini.

Selama Januari hingga September 2019, BRI berhasil menyalurkan KUR senilai Rp 77,26 triliun kepada 3,6 juta debitur, di mana pencapaian ini setara dengan 88,83% dari alokasi penyaluran KUR yang di-breakdown pemerintah di tahun 2019.

"Bank BRI berkomitmen untuk terus fokus dalam melakukan ekspansi bisnis di segmen mikro dengan melakukan strategi go smaller, go shorter, go faster," ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Sebut BRI Satu-Satunya yang Fokus UMKM, Ini Kinerjanya"

Post a Comment

Powered by Blogger.