Search

Argentina Alami Krisis Ekonomi, IMF Segera Kirim Tim

Argentina Alami Krisis Ekonomi, IMF Segera Kirim Tim

Washington, CNBC Indonesia - Lembaga moneter internasional yaitu IMF (International Monetary Fund) akan segera mengirim tim ke Buenos Aires, ibu Kota Argentina. Tujuannya untuk mendiskusikan aksi penyelamatan ekonomi negeri tango tersebut.

"Kami terus mengikuti perkembangan Argentina secara dekat, dan terus berdialog dengan otoritas terkait. Sebuah tim IMF akan segera pergi ke Buenos Aires," kata Juru Bicara IMF, Gerry Rice, dalam pernyataannya, dilansir dari AFP, Selasa (20/8/2019).

Ekonomi Argentina disebut mengalami krisis setelah Mauricio Macri selaku presiden incumbent kalah dalam pemilihan umum. Sebelumnya, Menteri Ekonomi Argentina juga mengundurkan diri setelah nilai tukar mata uangnya jatuh dalam.


Mengutip CNBC International, banyak investor percaya bahwa kekalahan Macri berarti Argentina ke depannya akan dipimpin oleh presiden yang bisa membuat ekonomi Argentina kembali terguncang dan tidak stabil.

Mengutip laporan Lombard Odier, pasar bereaksi tajam pada berita ini karena pemerintah Argentina saat ini hidup dari berutang pada IMF. Paket Dana (IMF) memungkinkan negara untuk melunasi utang publiknya yang sangat tinggi dengan standar pasar yang baru muncul (80% + dari PDB), sekitar 80% di antaranya didenominasi dalam mata uang asing (sebagian besar dolar AS).

Dalam sejarahnya, negara yang juga anggota kelompok G-20 ini telah sering kali terjerat ke dalam krisis akibat salah urus. Mengutip situs Bitcoin.com, Argentina pernah terjerat inflasi yang sangat tinggi. Ini membuat pemerintahnya harus melakukan redenominasi, memotong nol dari mata uang fiat, sebanyak empat kali antara tahun 1970 hingga 1992.

Pada Agustus 2013, nilai mata uang Argentina kembali pernah menguat menjadi kurang dari enam peso Argentina per dolarnya. Tapi hari ini nilainya setara sekitar 10 kali lipatnya.

Simak video tentang ekonomi Argentina di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Argentina Alami Krisis Ekonomi, IMF Segera Kirim Tim"

Post a Comment

Powered by Blogger.