Search

Di Depan Jokowi dan Pimpinan Negara, Wacana PLTN Mencuat

Di Depan Jokowi dan Pimpinan Negara, Wacana PLTN Mencuat

Jakarta, CNBC Indonesia- Wacana perlunya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) kembali mencuat di Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Jumat (16/8/2019). Di hadapan Presiden Joko Widodo dan pimpinan lembaga negara lainnya, Ketua DPD Oesman Sapta menyampaikan perlunya PLTN di Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI.

Oesman mengatakan kenaikan harga minyak 8 tahun terakhir telah menyadarkan kita tentang perlunya mengembangkan energi alternatif, dalam hal ini pembangunan Pembangkit Tenaga Nuklir.


"Energi Baru dan Terbarukan bukan saja memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan industri saja. Lebih dari itu, hal tersebut juga membuka peluang investasi jangka panjang di Indonesia," kata Oesman.

Menurutnya, selain itu, pembangunan PLTN ini juga merupakan langkah strategis yang sejalan dengan upaya pemerintah dalam melakukan ekspor sumber daya alam dalam bentuk semi-finishing product atau finishing product.

Sebagai contoh, tuturnya, rencana pengembangan bauksit menjadi alumunium di Kalimantan Barat memerlukan energi skala besar, stabil, murah, dan bebas polusi. Hal tersebut hanya akan dapat dipenuhi jika membangun Pembangkit Tenaga Nuklir.

"Untuk itu, DPD mendukung pembangunan PLTN di Kabupaten Bengkayang dan kabupaten/kota lain di Indonesia," ujar Oesman.

(dob/dob)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Di Depan Jokowi dan Pimpinan Negara, Wacana PLTN Mencuat"

Post a Comment

Powered by Blogger.