Search

AS-China Ngobrol Lagi, Wall Street Dibuka Menguat Tipis

AS-China Ngobrol Lagi, Wall Street Dibuka Menguat Tipis

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Amerika Serikat (AS) dibuka menguat pada perdagangan Senin (9/9/2019), di tengah meningkatnya optimisme seputar hubungan dagang antara AS-China.

Indeks Dow Jones Industrial Average (Dow Jones) menguat 0,1% (28 poin) pada pembukaan pukul 08:30 waktu setempat (20:30 WIB). Di sisi lain, indeks S&P 500 dan indeks Nasdaq sama-sama bertambah 0,3%. Dengan posisi itu, Indeks S&P 500 kian mendekati level tertingginya pada Juli lalu.

Beijing dikabarkan telah menawarkan kenaikan pembelian produk pertanian AS jika pemerintah memberikan kelonggaran bagi raksasa telekomunikasinya Huawei. Tawaran Negeri Tirai Bambu itu disertai tuntutan penundaan penaikan tarif AS atas produk China senilai total US$250 miliar.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin pada Senin pagi bahwa China dan AS telah "kesepakatan konseptual" mengenai mekanisme penegakan hukum atas pencurian hak atas kekayaan intelektual (HaKI), yang menjadi satu dari banyak poin yang paling alot dinegosiasikan.

Kedua negara dengan perekonomian terbesar dunia tersebut telah terlibat dalam perang dagang sejak 2018. Pada waktu tersebut, China dan AS telah saling mengenakan tarif atas produk masing-masing senilai miliaran dolar. Konflik tersebut memperburuk outlook pertumbuhan ekonomi global.

Data perdagangan China per Agustus menunjukkan bahwa ekspor anjlok dengan kontraksi terbesar berasal dari pengiriman barang untuk tujuan AS. Hal ini mengindikasikan adanya pelemahan lebih lanjut di perekonomian Negeri Panda ini sehingga mendorong pemerintah menyiapkan stimulus ekonomi yang baru.

"Sementara negosiasi dagang jelas merupakan hal yang positif untuk mencapai kesepakatan dagang dan mendorong kedua pihak bertemu, ini semestinya bisa dimaknai membantu meringankan kondisi miskin sentimen akhir-akhir ini," ujar managing member Newton Advisors Mark Newton, dalam laporan risetnya, sebagaimana dikutip CNBC International.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ags/ags)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS-China Ngobrol Lagi, Wall Street Dibuka Menguat Tipis"

Post a Comment

Powered by Blogger.