Search

OPEC Belum Serius Kurangi Produksi, Harga Minyak Turun Lagi

OPEC Belum Serius Kurangi Produksi, Harga Minyak Turun Lagi

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak mentah (crude oil) dunia turun cukup dalam merespons pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang hasilnya tidak spesifik melakukan pengurangan produksi minyak.

Pada Kamis (12/9/2019) pukul 18:37 WIB, harga minyak jenis brent di pasar spot global diperdagangkan turun 1,33% menjadi US$ 59,9/barel dan light sweet amblas 0,88% menjadi US$ 55,3/barel.

Secara teknikal, pergerakan harga minyak khususnya jenis brent yang menjadi acuan Indonesia cenderung bergerak turun, hal ini terlihat dari harganya saat ini yang bergerak di bawah rata-rata nilainya dalam 5 dan 20 hari terakhir (moving average/MA5/MA20).

Ada potensi harga Brent naik menguji level US$ 58,75/barel pekan depan. Ruang pelemahannya cukup terbuka, mengingat harganya belum menyentuh level jenuh jualnya (oversold), menurut indikator Relative Strength Index (RSI) yang mengukur tingkat jenuh pergerakan.

OPEC Kurang Serius Pangkas Produksi, Harga Minyak DropSumber: Tim Riset CNBC Indonesia, Refinitiv
Kenaikan harga minyak di pasar global, khususnya jenis brent yang menjadi salah satu acuan pemerintah menentukan harga minyak di dalam negeri dan dapat menjadi sentimen negatif bagi rupiah, sebab Indonesia adalah negara net importir minyak. Ketika harga minyak naik, maka biaya importasi menjadi semakin mahal.

Selain itu, ada harapan Trump akan melunak kepada Iran selepas Presiden Negeri Adi Daya tersebut memecat Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih John Bolton karena dipandang sudah tidak sejalan. Sebagai informasi, Bolton menentang keras rencana pertemuan Trump dengan para pemimpin di Tehran.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(yam/yam)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "OPEC Belum Serius Kurangi Produksi, Harga Minyak Turun Lagi"

Post a Comment

Powered by Blogger.