Search

Bangun Istana Presiden di Papua, Anggarannya Sudah Tersedia?

Bangun Istana Presiden di Papua, Anggarannya Sudah Tersedia?

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan Istana Kepresidenan menjadi isu yang mencuat selepas pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan puluhan tokoh Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Wacana yang diapungkan oleh Ketua DPRD Jayapura Abisai Rollo itu disambut positif oleh Jokowi. "Jadi mulai tahun depan istana ini akan dibangun," kata Jokowi.

Ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/9/2019), Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memastikan anggaran bisa disiapkan untuk 2020.

"Ya sesuai kebutuhan aja," kata Bambang. "Kan cuma bikin istana, tapi detailnya saya tidak tahu, kalau bangun istana nanti ya dibangun tak masalah," lanjutnya.

Bambang memastikan akan segera menindaklanjuti arahan Jokowi terkait pembangunan Istana Kepresidenan di Papua. Untuk kebutuhan dana, dia mengaku belum dapat memastikannya lantaran harus mengkaji terlebih dahulu.


Pertemuan Presiden dan tokoh Papua dan Papua Barat berlangsung selepas situasi di Bumi Cenderawasih kondusif selepas kerusuhan beberapa waktu lalu. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi Budi Gunawan menyampaikan terima kasih kepada Jokowi yang berkenan menerima delegasi dari Papua dan Papua Barat.

"Hadir sejumlah 61 tokoh yang semula direncanakan 64 namun karena ada yang sakit. Satu izin masih di pedalaman. 61 tokoh wanita dan pria sebagai representasi mewakili komponen tokoh adat dan gereja, organisasi, akademisi, mahasiswa, wanita, dan pemuda," ujar Budi.

Menurut dia, puluhan tokoh itu telah hadir di Jakarta sejak 8 September 2019.

"Harapan kakak-kakak para tokoh tentunya di dalam kesempatan yang sangat luar biasa dapat menyampaikan aspirasi bagaimana memajukan papua dan mensejahterakan Papua menjadi lebih baik. Mereka semua berkomitmen untuk menjadi ujung tombak bangsa dan negara demi untuk kemajuan Papua. Demikian," kata Budi.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bangun Istana Presiden di Papua, Anggarannya Sudah Tersedia?"

Post a Comment

Powered by Blogger.