Search

Jokowi Tangkap 'Kode Maut' Bahlil Soal Kursi Menteri

Jokowi Tangkap 'Kode Maut' Bahlil Soal Kursi Menteri

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku menangkap 'kode keras' Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahaladia terkait isu pencalonan sebagai menteri periode kedua pemerintahan Jokowi.

Hal ini terungkap saat Jokowi saat menyampaikan sambutan di depan ratusan pengusaha anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) HIPMI di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Awalnya, Bahlil Lahaladia menyebut sejumlah nama yang pernah menjadi ketua umum HIPMI. Bahkan, ia juga menyebut nama Ketua Umun Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani dan Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani.

"Ada ketua umum Bang Lutfi. Ini agak-agak mantap juga ini. Tapi tergantung Pak. Kalau belum ada rekomendasi ketua umum, jangan dulu Pak," kata Bahlil.

"Di sebelah kiri, ada ketua umum Kadin Bang Rosan (Roeslani). Nah ini juga pak. Bagus juga pak. Cuman ketua umum juga. Ada ketua umum Erwin Aksa. Ini bagus juga pak. Hobinya olahraga," kelakar dia.

Menjelang akhir sambutannya, Bahlil menegaskan bahwa setiap anggota HIPMI sama sekali tidak meminta jabatan menteri. HIPMI justru meminta para 'pembantu' Jokowi bisa pro dengan pengusaha.

"HIPMI tidak meminta menteri, tapi HIPMI minta menterinya pro ke pengusaha. Kalau tidak ada yang seperti itu, HIPMI bisa juga memberikan rekomendasi," kata Bahlil.

Saat memberikan sambutan, Jokowi lantas menanggapi sikap Bahlil Lahaladia yang seakan-akan menyodorkan sejumlah nama rekomendasi bagi Jokowi untuk mengisi jajaran Kabinet Kerja periode kedua.

"Tadi adinda Bahlil menyorong-nyorongkan dan merekomendasikan beberapa yang hadir di sini. Tadi beliau menunjuk-nunjuk abang Luthfi, menunjuk ketua Kadin abang Rosan," kata Jokowi.

Namun, Jokowi memahami bahwa sikap yang ditunjukkan Bahlil Lahaladia mungkin saja sebuah 'kode keras' terkait posisi menteri periode kedua, yang sampai saat ini memang masih penuh dengan teka teki.

"Saya tahu adinda Bahlil ini pinter sebetulnya. Beliau menyorongkan diri sendiri tapi ditutup beliau berdua tadi biar nggak kelihatan," kata Jokowi.

"Tapi kelihatan sekali, saya nangkep, saya nangkep saya nangkep. Beliau berdua (Rosan dan Lutfi)  pesaingmu (Bahlil) loh," kelakar Jokowi.

(hoi/hoi)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Tangkap 'Kode Maut' Bahlil Soal Kursi Menteri"

Post a Comment

Powered by Blogger.