Search

Sri Mulyani Sindir PNS-nya yang Tidak Paham APBN

Sri Mulyani Sindir PNS-nya yang Tidak Paham APBN

Jakarta, CNBC Indonesia -Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrwati menyindir sejumlah pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan yang tidak paham mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menurutnya, selama ini para pegawai di Kementerian Keuangan hanya fokus pada unitnya masing-masing tanpa memperhatikan instrumen lain.

"Kita sebagai institusi pengelola keuangan negara harus mampu memiliki pemikiran dan antisipasi yang sifatnya strategis yang tidak terkotak-kotak," ujarnya dalam acara pelantikan pejabat eselon II di Gedung Djuanda, Senin (9/9/2019).

Padahal sebagai pengelola keuangan negara, ia menilai semua pegawai Kementerian Keuangan di wajibkan memahami APBN hingga kebijakan fiskal. Apalagi di tengah kondisi global yang bergerak secara dinamis harus menjadi perhatian Kemenkeu sebagai pengelola keuangan negara.

"Saya sudah meminta bahwa seluruh unit, di manapun berada, anda harus paling tidak tahu mengenai kondisi ekonomi, anda harus tahu mengenai kondisi makro ekonomi, Anda harus tahu minimal apa yang disebut kebijakan fiskal dan anda harus tahu paling tidak setiap komponen yang ada di dalam APBN," jelasnya.

Tidak hanya sekedar tahu, ia mengharapkan semuanya pegawainya bisa mengaplikasikan di unitnya masing-masing di dalam mengelola perekonomian Indonesia, keuangan negara dan APBN.

Dengan demikian maka unit yang ada bisa melakukan sinergi. Pasalnya selama ini ia menilai pemahaman APBN di semua unit tidak merata.

"Karena bahkan saya melihat di lingkungan kementerian keuangan melalui sosial media ada saja yang berujar yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan bahkan tidak paham mengenai APBN dan keuangan negara," kata dia.

"Ini adalah sesuatu tugas yang tidak mudah bagi kita untuk menanamkan bagaimana pemahaman anda sebagai satu keluarga institusi pengelola keuangan negara untuk bisa memahami apa artinya mengelola keuangan negara bagi bangsa dan negara kita dan bagi perekonomian kita," tegasnya. (dru)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sri Mulyani Sindir PNS-nya yang Tidak Paham APBN"

Post a Comment

Powered by Blogger.