Search

Siap-Siap! Awal Oktober Daging Sapi Impor Brasil Masuk RI

Siap-Siap! Awal Oktober Daging Sapi Impor Brasil Masuk RI

Jakarta, CNBC Indonesia - BUMN yang mendapatkan penugasan impor daging sapi asal Brasil sudah bergerak. Salah satunya PT Berdikari (Persero) akan mendatangkan daging impor pada awal Oktober 2019 mendatang.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, PT Berdikari (Persero) mengklaim sudah mendapatkan surat penugasan langsung dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara untuk mengimpor daging sapi dari Brasil. Keputusan impor sapi dari Brasil ini ditetapkan dalam rapat koordinasi Menko Perekonomian. PT Berdikari mendapat penugasan sebanyak 10 ribu ton dari Kementerian BUMN.

Sebelumnya pemerintah menjajaki mengimpor 50 ribu ton daging sapi melalui skema penugasan BUMN antara lain Perum Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), dan PT Berdikari. Perum Bulog mendapat alokasi 30 ribu ton, dan  PPI 10 ribu ton.

"Tim masih di Brasil dan sementara info terbarunya (daging sapi) diharapkan sudah masuk Indonesia sekitar pekan pertama Oktober 2019," kata Direktur Utama Berdikari Eko Taufik Wibowo, Selasa (10/9)

PT Berdikari saat ini sedang melakukan proses pengadaan antara lain proses negosiasi harga, persiapan volume pasokan, dan penentuan jadwal pengiriman. Mereka butuh waktu setidaknya sekitar satu bulan sebelum bisa mengirim sapi dari Brasil ke Indonesia.

Ia mengatakan setelah menerima surat penugasan langsung dari Kementerian BUMN, perusahaan harus melakukan kesepakatan harga terlebih dahulu dengan pemasok di Brasil.

"Setelah harga sepakat, mereka (pemasok) baru memproduksi ditambah waktu pengiriman dan lain-lain," ucapnya.

Sebelumnya Mendag Enggartiasto Lukita mengatakan telah mengirimkan surat ke Menteri BUMN berdasarkan ketetapan rakor Menko (Perekonomian) agar Menteri BUMN memberikan penugasan kepada BUMN untuk mengimpor sapi dari Brasil. Setelah mendapat penugasan, BUMN mengajukan permohonan ke Kementan untuk dapat rekomendasi impor, lalu Kementerian Perdagangan mengeluarkan pesetujuan impor. (hoi/hoi)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siap-Siap! Awal Oktober Daging Sapi Impor Brasil Masuk RI"

Post a Comment

Powered by Blogger.